sedikit tentang jawa

Share:

1.  Sejumlah  antropolog    berpendapat  bahwa  sistem  kepercayaan  Jawa   termasuk agama  lslam   bersifat  sinkretis.  Sejauh  mana   sinkretisme  tersebut   dilihat  sebagai  hal yang  menguntungkan dan merugikan.  Jelaskan  pemahaman para  etnografer  mengenai hal tersebut!

2. Bagaimana  pemahaman  konsep  gotong-royong  yang   keberadaannya  semakin menghilang dari  kehidupan  masyarakat  Jawa.  Sejauh mana  anggapan  tersebut  tercermin  dalam  kehidupan masyarakat  Jawa?                   

3.  Bagaimana  isu  yang  berkembang  mengenai  gender  yang   digali  oleh para  antropolog.  Mengapa  isu ini  menjadi  pelik,  khususnya  bila  ditinjau  dari  kajian  agama?  Bagaimana  implikasi perempuan yang  bekerja  di  luar  rumah terhadap meningkatnya  otoritas  yang  mereka  dapat?






















1.     Salah  satu  bentuk  sinkretisme  yang  menarik  dan  dikaji antropolog  adalah  slametan,   yang  dikaji  oleh  Andrew   Beatty    dalam   makalahnya  yaitu,  Adam   and  Eva    and  Wisnhu.   Dalam  penjelasannya  Andrew  Beatty,   mendeskripsikan  slametan  di  Jawa  sebagai   ritual  paling populer dan  menunjukkan    khas  yang    mengandung  unsur  lokal,  tradisional,  Hindu-budha   dan  islam.                                                
        Slametan  ini  terus  bertahan  karena  memiliki  fungsi,  dapat  diinterpretasikan  secara  umum   atau  individu.  Ritual  slametan merupakan  komunikasi  sosial  antar  warga, sebagai  sarana  legitimasi,  sebagai  simbol  dan  menyimbolkan  keadaan  sosial-budaya  warganya.  Simbol  dan  maknanya   dalam  hal  yang  berkaitan  dengan  ritual  dan  slametanpun  menimbulkan  pamaknaan  ynag  berbeda. Slametan   merupakan  produk    sinkretisme   antara   agama   islam   dan  kepercayaan  Jawa   lama   yang  menimbulkan  corak  kebudayaan   tersendiri.
       Adanya   sinkretisme  yang  salah  satu  wujudnya   adalah   slametan   menguntungkan  bagi masyarakat  Jawa,   karena   disamping  kepercayaan   dalam   diri  mereka   tidak  hilang,   juga   sesuai  dengan  pikiran   dan   hati  mereka.  Orang  jawa  dalam  melaksanakan    memahami  dan  meyakini  maknanya  sehingga  mereka  melaksanakannya   dengan  senang,  serta menganggap  bagian  dari  ritus  hidup.   Kepercayaan  Jawa  pada  hal  gaib,  gambaran  kosmos, jagad  gedhe  dan jagad  cilik sistem  pengetahuaan  masyarakat   Jawa   tetap  bertahan  dan  terpelihara.  Hal   ini  juga  menunjukkan  masyarakat Jawa  bersikap  adaptif   dan  akomodatif  terhadap  pengaruh  dari  luar   dan  bisa  menyesuaikan.
       Pandangan  Greetz   yang    digunakan  Beatty,  mengungkapkan  selain  menguntungkan  slametan juga   menunjukkan  variasi    di  masyarakat  Jawa,  berkaitan  dengan  kepercayaan  Jawa  antara  kaum  santri,  priyayi,   dan  abangan.    Pada   masyarakat  priyayi,  pemahaman  dan  pelaksanaan  slametan  tinggi,  begitu  juga  pada  kaum  abangan.  Berbeda  dengan  kaum  santri  yang  merupakan,  kaum  islam  terdidik,  menganggap  dalam  slametan  terdapat  sesuatu  yang  tidak  benar  dan  harus  dihilangkan  unsur-unsurnya,  merekapum   terlihat   tidak  terlalu  intens  dengan  slametan.
        Dalam   slametan   adanya   penggunaan  nama  adam   dan   hawa,   sebagai   pendahulu,  manusia  pertama,  menyimbulkan   laki-laki   dan  perempuan,   serta   sebagai  nenek  moyang  dari  semua  manusia.  Bahkan  kadang  juga terdapat  istilah  dari  Hindu-Budha  seperti  Wisnhu,  Resi  Wijaya.                
      Penelitian  mengenai  slametan  bukan  merupakan  penelitian yang  simpel  karena  mengandung  berbagai  aspek  yang  saling  berhubungan.  Dari  slametan  ini  juga   menggambarkan   ritual,  pemahaman     dan   pelaksanaan  budaya   yang  lain.            



2.      Menurut  White  dan  Abullah (2004;7)   secara  umun   gotong-royong   dibedakan  menjadi  tiga  yaitu  kegiatan  komunal wajib  untuk  kepentingan  masyarakat  atau  bangsa,  misalnya  kerja  bakti,  gugur  gunung,  pemeliharaan  dan perbaikan  infrasuktur.  Kedua,  bantuan  spontan  ketika  anggota  masyarakat  mendapat  musibah  dan  kematian, pada  kematiaan.  Bantuan  diberikan mulai  dari  pemakaman  sampai  selamatan  pasca  pemakaman.  Ketiga,  yaitu   pertukaran  dalam  bentuk  tenaga  kerja  atau   sering  disebut  sambatan,  yang  meliputi  pekerjaan  pertanian,  dalam  membangun  dan   merenovasi  rumah,  dan  selametan  siklus  hidup.   Gotong-royong  jenis  ketiga  inilah  yang  banyak  dibahas  oleh  White  dan  Abdullah.
       White   dan  Abdullah   yang  melakukan  penelitian  di  Kaliloro,   Kulonprogo   pada   tahun  1972-1973  dan  1999-2000  menyimpulkan  bahwa    gotong  royong  menurun   intensitasnya   yang  ditunjukkan  dengan  data,  pada   tahun   70-an,  dalam  setahun  terdapat   lebih  dari  400-an  gotong-royong     yang  berkaitan  dengan     acara   pendirian   dan   perbaikan   rumah,   yang   meliputi,   pengumpulan  bahan,  pembuatan  bata,   penggalian  sumur,  pembuatan   fondasi   dan  dinding,   sampai  pengatapan.   Tuan rumah  menerima sumbangan  tenaga kerja, bahan, makanan, dan uang  untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi atau perbaikan dengan  sumber ekonomi  yang terbatas.  Pada   tahun  1999   hanya  ditemukan   52  kegiatan   gotong-royong  berkaitan  dengan   pendirian  dan  perbaikan  rumah,   sebagian  besar  hanya  penambahan  atau  perbaikan bukan  konstruksi  awal pembanguna  rumah  baru.  Hal  tersebut  karena   tenaga  mereka  diinfestasikan  untuk  kebutuhan  lain,  hampir  semua  rumah  tangga  sudah memiliki  rumah  permanen,  mereka  juga   lebih  suka  membeli  batu  bata.
     White   dan   Abdullah   menyatakan   bahwa   sambatan  dalam  panen  hampir  menghilang,   beberapa  bentuk  gotong-royong  seperti  bawon,  tebasan,  gleasing,   solidaritas,  patronase,  hubungan  timbal balik  antar  tetangaga    sudah   mulai  memudar.
     Menurut  pengamatan  dan  pendapat  saya,  elaksanaan  gotong-royang  tidak  hilang  tetapi  berkurang. Dalam  kehidupan sehari-hari,  yang  terlihat  pada  masyarakat  Jawa  di  pedesan,  misalnya  dalam  membangun  rumah,  tidaklah  dilakukan sambatan  secara  penuh,  namun  hanya pada  beberapa  hari  saja,  biasanya pada  waktu awal  mendirikan  yang membutuhkan  banyak  orang.   Dalam  pelaksanaan  panen  salah  satu  warga  sambatan  tidaklah  dilakukan  sampai  selesai,  tapi  hanya  pada  hari  pertama, dengan banyak warga,  setelah  itu  hanya sedikit warga  yang  bekerja,  hanya beberapa  tetangga, tapi yang  membantu   mendapat  upah.   Dalam  pelaksanaan    gotong-royong   itu,   si  empunya,   menyediakan   makanan  dan  minuman. Pelaksanaan  gotong-royong  atau  yang  biasa  disebut  dengan  sambatan  ini merupakan  hubungan  timbal-balik  atau  dilakukan  secara 

bergantian,  mana  warga  yang  membutuhkan. Perubahan ini  karena  meningkatnya  kebutuhan  ekonomi  dan  adanya  kesibukan  masyarakat.  Hal  ini  juga  karena  menyesuaikan  dengan  keadaan.
        Perubahan pelaksanaan,  pamahaman  dan  pemaknaan  gotong-royong  tersebut  juga   berlaku   pada  masyarakat  Jawa  secara  umum. 

3.--   lsu  mengenai  gender  di  lndonesia  yang  dipelajari oleh  antropolog   misalnya  Clarissa  Adamson  yang  meneliti tentang  gender  pada  wanita  muslim  di  Jawa  dengan  topik  hak-hak  wanita   muslim di  Jawa,    yang  melakukan   penelitiannya  pada  saat  berakhirnya  rezim  orde baru   dan awal  mulainya  reformasi.
      Dalam  pemaparannya, Adamson mengatakan  bahwa  Surat  An-nisa  ayat  24, menegaskan  superioritas  laki-laki atas  perempuan,  bahkan   kaum  feminis  berpendapat  bahwa   interpretasinya didasarkan  pada  bias gender  dan  patriarki.   Adanya  penerjemahan kata  Qawam,  yang  berarti  pemimpin,  menurutnya  menyebabkan  perempuan  sebagai  subordinasi  laki-laki,  padahal   kepemimpinan  yang  dimaksud  sebenarnay adalah  kepmimpinan  yang  berkewajiban  melindungi,  mengayomi,  serta  mengajak  pada  kebenaran,  dan  perempuan (istri) juga  mendapat hak-haknya ,  yang  wajib  diberikan  oleh  laki-laki.  Laki-laki  juga  tidak  boleh  menegakkan  kepemimpinan  secara  otoriter,   dan   mengabaikan  kepentingan   perempuan  (istri). Prinsip  musyawarah harus  digunakan,   hubungan  juga  harus  dijalankan  dengan  baik.  Kepemimpinan  laki-laki  dalam  keluarga  tidak  bertentangan  dengan  kesetaraan  gender,  karena  kesetaraan  dan  keadilan  bukanlah  segala  sesuatu harus  persis sama.
    Mereka  juga  menyatakan  bahwa,  kepercayaan di dunia Muslim bahwa Al-Qur'an dan Hadis mendefinisikan laki-laki sebagai superior didukung oleh interpretasi klasik tafsir dari teks-teks agama.  Pandangan  ini  keliru. Hal  perlu  dipahami  adalah  islam  tidak   merendahkan  perempuan,   mengekang  perempuan,  atau  melarang   perempuan  berkiprah  di luar  rumah,    islam memandang  laki-laki  dan  perempuan  adalah  sama,  yang  membedakan  ketakwaannya.   Dalam   hak  mendapat  pendidikan,  kesehatan,  perlakuan  hukum  laki-laki  dan  perempuan  mendapatkan  hak  yang  setara. Perempuan tidak  dilarang untuk  berkiprah  di  sektor  publik,  peran sosial  kemasyarakatan  dan  politik   malah  diberikan  tempat  yang  layak  dan  terhormat.

--    Isu  ini   menjadi  pelik  bila  antropolog  mengkaji dari sudut  pandang  agama  karena  kurangnya  pemahaman  para  antropolog  dalam   mengkaji  agama,   para  antropolog  cenderung  menganggap 

adanya  ketimpangan  gender  akibat  ajaran  agama,  padahal  hal  tersebut  karena  kondisi  sosial-budaya masyarakat   atau  pelaksanaan  di lapangan bukan  karena  ajaran  agama.  Hal  lain  yang  dilakukan  antropolog  adalah  melakukan  generalisasi  yang   kurang tepat,    keadaan   palaksanaan  gender  di  suatu   tempat  struktur,  unsur,  institusi   keagamaan   dianggap  mencerminkan  gambaran  mengenai  gender  secara  keseluruhan,  padahal    dalam   prakteknya  berbeda-beda.
--      Pada   dasarnya   perempuan   yang   bekerja di  luar rumah  menunjukkan  peningkatan   peran.  Perempuan   yang  bekerja  di  luar  rumah  biasanya  tidak  terkungkung  dibawah   suami,  namun  ia  lebih  memiliki  nilai  di  mata  suami,  memiliki  wawasan,  pertimbangan, sehingga dapat  memberikan  saran  serta  masukan   dalam  menentukan  arah  kebijakan  rumahtangga. Bila  dalam  keluarga  kekurangan  uang,  dapat menutupi. Ia  juga  turut menentukan  kebijakan  dalam  keluarga. Perempuan  yang  bekerja, hingga  mendapatkan  penghasilan,  dalam  membeli  kebutuhan  pribadinya  lebih  leluasa,  tidak  tergantung  pemberian  uang  ke  suami. Di  sisi  lain  perempuan  yang  bekerja  diluar  rumah  lebih sedikit  memiliki  waktu  untuk mengurusi  masalah  di  dalam  rumah. 
        Namun  bukan  berarti  perempuan  yang  tidak  bekerja  bekerja   selalu   terkungkung   dibawah  suami, atau  perempuan  yang  bekerja  dan mendapatkan  gaji  yang  lebih  tinggi  dari  suami  selalu  dominan.  Ada  kalanya  juga  istri  yang   lebih  dominan     dalam   menentukan  kebijakan.   Otoritas  yang  didapat  dari  perempuan  yang bekerja  di  luar  rumah  kembali  pada  masing-masing  individu.   Perempuan yang  akan  bekerja  diluar  rumah   merupakan  kesepakatan, pertimbangan  bersama  suami-istri, melihat  situasi  dan  kondisi   dan   dipengaruhi   oleh  budaya  dikeluarga.





Daftar  pustaka

White, Benjamin   and    Irwan Abdullah    2004       “Decline  and  Persistence  of  Reciprocal  Labour: Harvesting and Housebuilding  in a Javanese Village, 1973-2000. Manuscript.

Beatty, Andrew,    Adam and Eve  and  Wishnu: Syncretism in the Javanese Slametan, The Journal of the Royal Anthropological Institute, Vol. 2, No. 2 (Jun., 1996), pp. 271 -288, Royal Anthropological Institute of Great Britain and Ireland

Adamson, Clarissa  “Gendered Anxieties: Islam,   Women’s Rights, and  Moral  Hierarchy in Java”  American  Association  for  the  Advancement  of  Science,  Project MUSE  Scholarly  journals  online





Tidak ada komentar