review bruner

Share:




REVlEW` Social  Organization  and  Structure; Indonesia  Homecoming: A case  Study  in  the  Analysis  of   Ritual ;Bruner,  Edwar   M



      Disebutkan  dalam  awal  pembahasan  Bruner  menulis  artikel  dalam  tiga  bagian,  Bagian  pertama,  latar belakang  yang  mendiskusikan  tentang kondisi lingkungan  perkampungan, diskripsi  elemen   pada  organisasi  sosial  Batak Toba,  dan  menerangkan  apa   itu  upacara.    Pada  bagian  kedua,   teks,  yaitu percakapan  yang  terjadi  dalam  upacara.   Pada  bagian  tiga,  interpretasi,  yaitu  analisis  dari  upacara. Analisi  yang  digunakan  adalah  analisis  struktural  Levi-strauss.
           Adat  selalu mengalami perubahan, tetapi adat batak  tidak,  ditunjukkan sistem sosial  dan upacara   relatif tidak berubah.
         Banyak  orang  Batak  percaya  bahwa  mereka  berasal  dari nenek  moyang  yang  sama  yaitu  Si  Radja  Batak, yang  hidup  duapuluhlima  generasi  yang  lalu.   Hal  inilah  yang  mungkin  mengakibatkan  kuatnya  ikatan  kekerabatan.
…..........
      Keturunan  dan  kelompok  menentukan  banyak  hal  ketika  upacara kampung  berlangsung.  Untuk  laki-laki,  keturunan  kekerabatan  menentukan  dimana  mereka duduk,  siapa  yang  berpidato,  sipa  yang  menerima  benda  pertukaran,  yang  memberi  dan  menjawab  pertanyaan.  Kelompok  boru  dan  hula-hula  duduk  di  tempat  yang  berbeda,  makan  makanan  yang  berbeda, memiliki  aturan  dalam  upacara  yang  berbeda.   Bila  diamati  ritual  menunjukkan  simbol  yang  bisa  diinterpretasikan,  dari   upacara  dapat  dilihat  prinsip  dan  konstruksi  sosial.

        Sistem kekerabatan  adalah  matrilineal.  Di   Batak  memungkinkan  pernikahan  dengan  saudara  sepupu,  yaitu  anak  perempuan  dari  saudara  laki-laki  ibu, tapi  marganya  sudah berbeda.  Pernikahan  ini  dimaksudkan  untuk  melanjutkan  persekutuan.

       Tondi    mungkin   bisa  didefinisikan  baik,  kuasa   dan   diberkahi.  Tondi  memiliki  hewan  peliharaan,  tanaman,  rumah   dan  benda  berharga  lainnya.  Tondi  adalah  orang  yang  dianggap  hidupnya  telah  sukses  atau  kondisi  tondi   tampak  mengalami  kesusahan.  Bila  tondi  kaya  dan  sehat,  memiliki  banyak  keturunan  berarti  ia  kokoh,  dingin ,  kuat.  Bila   tondi   miskin,  sakit,   memiliki  sedikit  keturunan  berarti  ia  lemah  dan   panas.

Ketika  upacara  berlangsung  terlihat  jelas  pemisahan  antara  hula-hula  dan  boru.  Kemudian  di  belakang  laki-laki  dan  perempuan  dipisah  dengan  yang belum  menikah.



          Bruner  dalam  interpretasinya mengatakan  bahwa   upacara  pulang  kampung  erat kaitannya  dengan hubungan  pertukaran  antar  keluarga.   Keturunan  atau  marga    dan  persekutuan  adalah  hal  yang  diperhatikan  oleh  orang  Batak,  keturunan   tetap  dan  tidak  bisa  dirubah,  persekutuan  bisa  dirubah.

        Upacara  yang  diselenggarakan  mungkin  proses  persekutuan. Persekutuan  berubah-rubah,  dikonsepkan  kembali.  Pernikahan  menyusun  persekutuan,  anak  memantapkannya,  perkawinan  sepupu  memulainya.
     
     Benda  yang dibawa    boru  dan  hula-hula  berbeda,   boru  membawa ikan,  ulos,  inferior, berkesan feminin  sedangkan  hula-hula  berkesan  superior  dan  maskulin

       Kain  ulos  menyimbulkan  memberkahi  atau  merestui,  uang  piso-piso  menyimbulkan  pengakuan  bahwa  telah  direstui  dan  menerima superioritas  dari  hula-hula.

` Bruner,  Edwar   M.  1995.  Social  Organization  and  Structure; Indonesia  Homecoming: A case  Study  in  the  Analysis  of   Ritual


Tidak ada komentar