REVIEW BAB 1-4 Stukturalisme Levi-Strauss Mitos dan Karya Sastra

Share:
REVIEW   BAB   1-4
Stukturalisme   Levi-Strauss    Mitos   dan   Karya  Sastra

Bab  1
Pendahuluan

     Bab  ini  terdiri  dari    pengantar  mengenai  strukturalisme    dan   riwayat  hidup dan  Levi-strauss. Setelah membaca  bagian ini, pemahaman yang kita peroleh adalah, Claude Levi-Strauss adalah ahli antropologi berkebangsaan Prancis, Dia lahir di Brussles, Belgia pada tanggal 28 November 1905. Ayahnya bernama Raymond Levi-Strauss  ibunya bernama Emma Levy. Minat utama Levi-Strauss semula bukanlah antropologi. Di masa mudanya dia lebih banyak membaca buku hukum dan filsafat.
   Pada tahun 1927 Levi-Strauss masuk fakultas hukum paris  juga belajar filsafat di Universitas Sorbone. Pada tahun 1923 Levi-Strauss menikah dengan Dina Dreyfus. Pada tahun itu Levi-Strauss memasuki dinas militer dan pada tahun ini pula Levi-Strauss menjadi pengajar di Mont de-Marsan Lycee.  Pada tahun 1935 Levi-Strauss berangkat dari Marseile menuju Brazil,  dia menjadi pengajar di universitas Sao Paolo dalam bidang sosiologi.       
     Selama mengajar  Levi-strauss mendapatkan kesempatan untuk ekspedisi ke daerah pedalaman Brazil serta mengunjungi berbagai suku Indian  yang belum terjamah peradaban. Dari ekspedisi dan pengalaman inilah lahir karya semacam laporan perjalanan plus otobiografi yang mengesankan, yang membutnya terkenal di  Prancis,  yaitu  Tristes Tropique. Buku ini menjadi semacam ethnografi  bagi Levi-Strauss.  Dalam buku ini levi-Strauss bertutur dengan bahasa yang memikat dan menyentuh rasa kemanusiaan tentang kisah-kisah tragis suku Indian di  amazon, sehingga namanya tidak hanya dikenal di kalangan akademisi tetapi juga masyarakat  luas. 

Bab  2
Struktulalisme  Levi-Straus

     Pada bab  ini  terdiri  dari  empat bagian  yaitu ;
1. Levi-Straus,  Bahasa   dan  Kebudayaan
         Penjelasan  yang  diperoleh  dari  bagian ini  yaitu, para   ahli  antropologi  melihat  hubungan   antara  bahasa  dan  kebudayaan.  Levi-Straus  juga  menggunakan  model  dari  linguistik,   yang   membedakan   dengan  ahli  lainnya  adalah  cara  menerapkan  model  linguistik dalam  analisis  serta  aliran  linguistik yang  menjadi  inspirasi  untuk  analisis.    Dari  pandangan   para   ahli  antroplogi   mengenai  bahasa   dan   kebudayaan,  Levi-strauss   memilh   pandangan    yang   menyatakan   bahwa  bahasa    merupakan   kondisi   bagi   kebudayaan,   dan   ini   berarti   dua  hal.   Pertama ,  bahasa   merupakan   kondisi   bagi   kebudayaan    dalam    arti   diakronis,   artinya   bahasa mendahului   kebudayaan    karena   melalui   bahasalah   manusia    mengetahui   budaya  masyarakatnya.   Kedua,   bahasa   merupakan  kondisi   bagi   kebudayaan    karena    material    yang    digunakan   untuk   membangun    bahasa    pada    dasarnya    adalah   material   yang   sama   tipe/jenisnya     dengan    material    yang   membentuk   kebudayaan  itu.   Materi   itu   adalah   relasi-reasi    logis,   oposisi,   korelasi   dan    sebagainya (Levi-strauss, 1963;68-69).  
        Menurut    Levi-strauss    sebagian    ahli   bahasa   dan   ahli   antropologi   memandang    bahasa    dan   kebudayaan    dari   perspektif   yang   kurang    tepat,    karena    mereka   menganggap   ada   hubungan   kausalitas   antar    hal   tersebut. Mereka      terperngkap   dalam   pertanyaan,   apakah     bahasa    mempengaruhi    kebudayaan,   atau   kebudayaan    mempengaruhi    bahasa.   Menurut   Levi-strauss    pertanyaan   ini   menyesatkan.    
       Perspektif    yang   lebih   tepat   menurut   Levi-strauss   adalah    memandang    bahasa   dan   kebudayaan    sebagai    hasil   dari   aktifitas   yang   pada    dasarnya   mirip   atau   sama.    Aktifitas   ini  berasal   berasal    dari   apa    yang  disebut   tamu   tak   diundang (uninvited   guest)   yakni   nalar   manusia  (human mind).      Jadi,  adanya   korelasi    antara    bahasa    dan    kebudayaan    bukanlah    karena    adanya semacam   hubungan   kausal (sebab-akibat)   antara   bahasa   dan   kebudayaan,    tapi  karena    keduanya   merupakan   produk   atau   hasil   dari   aktifitas   nalar   manusia.   Dalam  memahami   korelasi    antara   bahasa   dan   kebudayaan   harus   hati-hati   dan perlu   memperhatikan    tempat  dimana   kita    mencari   korelasi   tersebut    dan   apa  yang   ingin   kita   korelasikan.  Levi-strauss   menyatakan     bahwa    hubungan   antara   bahasa     dan    kebudayaan   pada   dasarnya   adalah    kesejajaran   atau   korelasi    yang mungkin   dan   ditemukan    diantara   keduanya,    sehingga   ahli   antropologi   dan  ahli  bahasa   bisa   bekerjasama    untuk   membandingkan    ekspresi    dan   konsep   mengenai waktu   pada   tataran   bahasa   dan   sistem   keerabatan    atau    relasi   antarindividu.  
       Para   ahli   antropologi   dan   bahasa   pada   dasarnya   berupaya    menyusun   sebuah  struktur   dengan    satuan-satuan   yang    membentuknya (1963;63).   Karena   itu    korelasi  yang   tampak    berada    pada    tingkat    stuktur,    bukan    pengulangan   pada   tingkat   perilaku.    Levi-stauss  (1963)   memberi   contoh   korelasi   yang    tampak   antara  sistem   kekerabatan   orang   lndian   di  Amerika   Utara    dengan    mitos-mitos    mereka   dan   cara   orang   lndian   mengekspresikan    konsep   waktu   mereka.   Levi-strauss  menyatakan   bahwa   tidak   ada   korelasi    yang   penuh   seratus    persen    dan    korelasi                       
yang   tidak  mungkin.   Ada    suatu   korelasi    antar   hal-hal    tertentu,   pada    tataran   tertentu,  dan   tugas   kita   adalah    menentukan   apa    hal-hal    tertentu   tersebut    dan  pada    tataran   apa  (1963;79).   Untuk   itu   seorang   antropolog   harus   mampu   melakukan    analisis    yang    sejalan    dengan    cara   analisis   para    ahli   linguistik    atas   fenomena    kebahasaan. 
         Hal   lain   yang    membuat    Levi-atrauss  menyatakan  bahwa  ilmu   linguistik    perlu    digunakan   oleh    ahli    antropologi    adalah   adanya   temuan   keterkaitan    praktis   antara   linguistik    dan    rekayasa    komunikasi.   Levi-strauss    melihat   peranan   linguistik   bagi   antropologi    karena   menginginkan   antropologi   mencapai    posisi   ilmiah (scientific)    sebagaimana   ilmu   pasti    dan    alam.    Levi-strauss    terkesan   dengan    analisis   yang   dilakukan     ahli    bahasa    atas   berbagai   macam    bahasa   di   dunia.   Dalam    pandangannya   mereka    mampu   merumuskan   formula    untuk    memahami    fenomena    kebahasaan    yang    kompleks   dan    memanfaatkan    konsep    permutasi   dalam  analisis   mereka.. 
        Levi-strauss    kemudian   menggunakan    analisis   linguistik    sebagai    model   bagi   analisisnya.   Perlunya   antropolog    memahami  linguistik   terasa   semakin    mendesak    ketika   munculnya   linguistik    struktural.   Menurut   Levi-strauss   peranan   linguistik    struktural   dalam  pandangan   ahli   linguistik    dan   ilmuwan   sosial    mirip   dengan   peranan   fisika   nuklir   dalam   ilmu   fisika.   Munculnya   cara   pandang   stuktural   dapat    memperkokoh  fondasi   ilmu-ilmu    sosial   sebagai    cabang   dari   ilmu   pengetahuan.   Levi-strauss   berpendapat bahwa   linguistik    struktural    merupakan   pemahaman    yang   perlu  dipahami   dan   ditelusuri   implikasi    teoritis   dan   metodologisnya.   Levi-strauss  menyarankan  pada    antropolog    untuk   menggunakan   model    linguistik   dalam   menganalisis   gejala   sosial-budaya,   atau   mengambil   bahasa   sebagai   model   untuk   memahami   gejala   kebudayaan.       

2. Levi-Straus  dan Linguistik Struktural
      Hal  yang dijelaskan pada bagian ini adalah  tentang ahli-ahli  linguistik  struktural   yang  pemikirannya  sangat  berpengaruh  pada  Levi-Strauss  antara  lain Ferdinand  de Saussure,   Roman  Jakobson  dan  Nikolai   Troubetzkoy.      Pandangan  dari   de   Saussure   yang   menjadi   dasar    strukturalisme  Levi-Strauss  yakni;  1 signified (tinanda)  dan signifier (penanda),  2. form (bentuk)  dan  content (isi),  3. langue (bahasa) dan  parole (ujaran, tuturan)  4.synchronic (sinkronis)  dan  diachronic (diakronis)  5. syntacmatic(sintagmatik)  dan associative.  Jkobson  dengan analisis strukturalnya  memberikan  pengaruh pada Levi-strauss  tentang bagaimana memehami atau menangkap  tatanan yang ada di balik fenomena budaya.

3. Makna,  Struktur  dan   Transformasi
     Hal yang  dijelaskan pada bagian ini adalah, Levi-strauss  menyatakan  bahwa    struktur  adalah  model  yang  dibuat  oleh  ahli antropologi  untuk memahami  atau  menjelaskan  gejala  kebudayaan   yang  dianalisanya,  yang  tidak  ada  kaitannya  dengan  fenomena  empiris  kebudayaan itu  sendiri.  Model  ini  merupakan   relasi   yang   berhubungan   satu    sama   lain   atau   saling  mempengaruhi..     
       Stuktur   adalah  relations  of  relations (relasi   dari  relasi) atau  sistemof  relations (1963).  Dalam    analisis   stuktural,   stuktur   dibedakan   menjadi  dua  macam  yaitu  struktur   lahir,   struktur    luar (surface   structure)  dan  stuktur   batin,  struktur   dalam  (deep  stucture).  Struktur  luar   adalah   relasi-relasi     antarunsur   yang   dibuat berdasarkan  ciri-ciri   luar   atau   ciri-ciri    empiris    dari    relasi-relasi    tersebut.   Sruktur  dalam  adalah  susunan  yang   dibangun  berdasarkan  struktur   lahir    yang   telah   dibuat,  namun   tidak   selalu   tampak   pada  sisi  empiris  dari   fenomena    yang   dipelajari.   Struktur   dalam   disusun   dengan  menganalisis   dan   membandingkan   berbagai   stuktur   luar  yang   ditemukan   atau   dibangun.   Struktur  dalam   lebih   tepat    disebut   sebagai   model   untuk   memahami   fenomena  yang   diteliti,   karena   peneliti   dapat  memahami  berbagai  fenomena   budaya   yang    dipelajarinya. 
         Istilah    transformasi  berbeda  dengan  pengertian  secara   umum    yaitu   perubahan.   Dalam    konteks     ini    transformasi  diartikan  sebagai  alih  rupa,   artinya   dalam  suatu   transformasi   yang  berlangsung  adalah   sebuah   perubahan   pada   tataran   permukaan,   sedang   pada   tataran   yang   lebih   tinggi   lagi   perubahan  tidak   terjadi.    Bidang    simbiolisme   transformasi     tampak   dalam    bahasa.    Dalam  perspektif  struktural,    kebudayaan    pada   dasarnya  adalah    rangkaian    transformasi   dari    stuktur    yang    ada   dibaliknya.  
        Dalam   analisis   struktural   kita    dapat   menyusun   rangkaian-rangkaian   tranformasi   dari  fenomena   yang   diteliti,   setelah   itu   kita   dapat   membangun   model   yang   menjelaskan    atau   memahami    fenomena-fenomena     sebagai    suatu    kesatuan.    Kemudian  akan   terlihat  adanya   struktur    yang   bersifat   tetap.     Stuktur   inilah    yang    disebut    deep   structure,    struktur   dalam    dari  berbagai    berbagai   simbol   dan   proses   simbolisasi    fenomena   sosial   budaya.   Deep  structure   ini    merupakan   model   untuk  memahami   kebudayaan    yang   dipelajari.   Dengan   hadirnya  model    dalam   analisis    struktural,  maka    juga     membuka    kemungkinan   mengenai     transformasi-transformasi    budaya  yang    pernah   terjadi   maupun    yang    mungkin    terjadi   di  masa    yang   akan   datang. Tujuan    penelitian   disini   adalah      menemukan    struktur   dari   fenomena    yang    diteliti.   Karena    itu   analisi   struktural    tidak   membicarakan    proses    perubahan.  Analis   struktural   tidak    memusatkan     pada    perubahan,    tapi   pada   keberadaan  struktur.  Hal ini   bukan  berarti    bahwa   strukturalisme   menolak   atau   anti   terhadap   proses   perubahan.

4. Beberapa  Asumsi  Dasar 
       Penjelasan yang dapat  kita pahami setelah membaca bagian ini adalah,  pertama  dalam  stukturalisme  ada  anggapan  bahwa  berbagai aktivitas  sosial  dan  hasilnya  seperti  dongeng,   upacara-upacara,  sistem-sistem  kekerabatan dan  perkawinan, pola  tempat  tinggal,  pakaian  dan  sebagainya secara  formal  dapat  dikatakan  sebagai  bahasa (Lane,  1970; 13-14).   Kedua   anggapan  bahwa  dalam  diri  manusia   terdapat kemampuan   dasar   yang   diwariskan  secara   genetis   yaitu   kemampuan  structuring,   untuk  menstruktur,  menyusun   suatu  stuktur,  atau  menempelkan suatu  stuktur  pada  gejala   yang   dihadapi.     Ketiga   mengikuti    pandangan    dari    de    Saussure   bahwa   suatu   istilah   ditentukan    maknanya   oleh   relasi-relasinya    pada    titik    waktu   tertentu    secara   sinkronis,    dengan   istilah   yang   lain.   
      Para    penganut   strukturalisme    berpendapat    bahwa    relasi-relasi   fenomena   sosial    budaya   dengan    fenomena  lainnya   pada   waktu    tertentu    menentukan    makna   fenomena   tersebut. Keempat,   relasi    yang   ada    pada   struktur    dalam   dapat   diperas    atau   disederhanakan   menjadi  oposisi   berpasangan,   rangkaian   tanda-tanda     dan   simbol    fenomena    budaya   juga   ditanggapai  dengan    cara     seperti   itu.

Bab  3
Levi-Straus  dan  Mitos

1.Mitos  dan  Nalar  Manusia
     Pemahaman yang kita peroleh setelah membaca bagian ini adalah,   Levi-strauss   mengatakan  bahwa   para  ahli   antropologi   sebaiknya    memperhatikan   mekanisme   kerja  human  mind  atau   nalar  manusia   dan   memahami   strukturnya.   Hal   ini    menunjukan   bahwa    Levi-strauss  tertarik    dari   sifat    nirsadar   dari   fenomena   sosial.    Levi-strauss   ingin    mengetahui  prinsip   atau   dasar   universal   nalar   manusia. Prinsip  ini    akan   tercermin    dan    bekerja    dalam    cara    manusia    menalar,    dalam  orang   modern   maupun   orang   primitif   menalar. 
      Selanjutnya,   logika  dasar  atau   nalar   manusia   mestinya   terwujud   dalam   aktivitas   kehidupan   sehari-hari.   Untuk    mengetahui     bahwa   nalar    mengikuti   stuktur    tertentu    dalam    bekerjanya,    perlu   analisis    aktifitas    yang    merupakan   perwujudan    dari    nalar   tersebut.  
      Berbagai   ragam   budaya    pada  dasarnya   merupakan   perwujudan    dari   nalar.   Tetapi    tidak   semua   fenomena   mudah    dianalisis    untuk   menemukan    strukturnya..   Misalnya    sistem   kekerabatan    dan   perkawinan,   meskipun   merupakan     wujud    dari   adanya   struktur    dalam    nalar   manusia,   tapi    fenomena    tersebut   tidak   sepenuhnya   berada  di   bawah    kendali   nalar   manusia,   karena   unsur-unsur     materi   seperti    demografi    dan     ekologi   turut   menentukan   pola     atau   wujud   sistem   tersebut   pada   tataran   empiris.    Oleh   karena   itu    gejala   sosial     tidak   cukup   untuk   dijadikan    dasar   bagi  upaya     memperlihatkan     adanya   kekangan     struktural    di    balik    fenomena    budaya.   Fenomena   budaya   lain   yang   lebih    sesuai    adalah   mitos.  
      Pengertian   mitos    dalam    stukturalisme   Levi-strauss    berbeda    dengan   pengertian   dalam   kajian  mitologi.  Mitos    dalam    pandangan   Levi-strauss,    tidak   dipertentangkan    dengan   sejarah   atau   kenyataan,   karena    perbedaan    makna    dari    dua   konsep   ini.   Yang   dianggap   oleh   suatu   masyarakat     atau    kelompok   sebagai    sejarah    atau    kisah     yang    benar-benar    terjadi,    bisa     dianggap    sebagai   dongeng   yang   tidak   diyakini   kebenarannya   oleh   masyarakat    lainnya.    Mitos   juga    bukan   kisah    yang   suci   karena    definisi    suci   problematis.   Mitos    dalam   konteks    strukturalisme   Levi-strauss adalah   dongeng.   Dongeng   merupakan   kisah    atau   cerita    yang     lahir   dari   imajinasi    khayalan    manusia,   walaupun    unsur-unsur    khayalan    tersebut   berasal   dari   kehidupan   sehari-hari.    Dalam    dongeng   ini   khayalan    manusia    memperoleh  kebebasan,    karena    tidak    ada    larangan    bagi   manusia   untuk   menciptakan    dongeng.   
       Hal   yang   menarik   bagi    Levi-strauss   adalah    adanya    dongeng   yang    mirip    atau    agak   mirip   satu   sama   lain,  baik   pada  unsurnya,   bagiannya   atau   beberapa   episodenya.   Levi-strauss    tidak    yakin   kalau   persamaan   atau   kemiripan   ini    karena   suatu   kebetulan,    karena    kesamaan   ini    muncul    beberapa   kali   dan   memperlihatkan   kecenderungan   atau   pola   tertentu.   Kemiripan    ini    tidak   dapat   dijelaskan   dengan   menggunakan    teori    evolusi    dan    teori    difusi   kebudayaan.       Pada   tataran   yang  lebih  kongkrit,   teori   tersebut   tidak   selalu   mampu   menjelaskan   berbagai   macam   kesamaan  antar   gejala   kebudayaan   misalnya   kesamaan     berbagai  benda    budaya.    
       Pada    tataran    yang   lebih   abstrak    atau   mengenai   hal yang    abstrak   teori   tersebut   akan    mengalami    kesulitan   yang    lebih    besar   untuk menjelaskan    persamaan    berbagai    macam    gejala   kebudayaan.   Selain    itu,    kesamaan    dan   kemiripan   antar    berbagai    mitos    pada    banyak   sukubangsa    di dunia,      hampir    tidak   mungkin   dijelaskan    sebagai    hasil    dari    kontak   kebudayaan,     karena    sukubangsa     tersebut    berjauhan    jaraknya    satu   sama   lain.    

2.Mitos   dan  Bahasa
      Isi dari bagian ini adalah,  Levi-straus  menganalisis  ratusan  mitos  dengan  menggunakan  model  dari  linguistik,  hal  ini  didasari  persamaan  yang  tampak  antara  mitos   dan  bahasa..  Persamaan  itu  adalah pertama bahasa  adalah  sebuah  media,  alat, atau  sarana  komunikasi  antar  individu   dan  antar  kelompok.  Demikian  pula  mitos,  mitos  disampaikan  melalui  bahasa   dan  mengandung  pesan.

3.Mitos dan  Musik
       Pembahasan dalam bagian ini adalah, Levi-strauss    menggunakan   istilah    dari   musik   seperti   overture   dan   song.   Dia  juga   mengingatkan   kemiripan   antara   mitos   dan   musik  seperti   interlude,  rondo,  sonata,  symphony,  movement,  fugue.
      Selanjutnya, Levi-strauss berpendapat bahwa  mitos  dan musik pada dasarnya adalah bahasa, ketika  dipentaskan keduanya meminta perhatian dari   struktur mental pada manusia dan memerlukan dimensi waktu untuk mewujudkan. Meskipun  demikian, keduanya melebihi bahasa lisan karena  makna mitos  dan musik secara bahasa lisan yaitu kata demi kata.

4.Analisis Struktural   Mitos ;  Metode  dan  Prosedur
       Setelah kita membaca bagian ini kita dapat memperoleh penjelasan yaitu ; Analisis   struktural  Levi-Strauss   atas  mitos    diilhami  oleh  teori  informasi (Leach, 1974).  Dalam  perspektif  teori  ini, mitos  bukan    hanya  dongeng  pengantar  tidur,   tetapi   juga  kisah  yang  memuat  pesan.   Pesan  ini  tidak   tersimpan  dalam   sebuah  mitos  yang   tunggal,  tapi   dalam  keseluruhan  mitos.  Dengan  dasar  pandangan   diatas,   Levi-strauss  menetapkan  landasan  analisis strukturalnya   terhadap  mitos.  Pertama,   jika   mitos   dipandang  sebagai  sesuatu  yang   bermakna,   maka  makna   tidak   terdapat   pada   unsur   yang    berdiri   sendiri,   terpisah   satu   dengan  yang   lain,   tapi  bila    unsur-unsur    tersebut   dikombinasikan   satu   dengan   yang   lain.   Kedua,   walaupun   mitos   termasuk   dalam   kategori   bahasa,   namun    hanya   ciri-ciri    tertentu  dari    mitos   yang   bertemu   dengan  ciri-ciri   bahasa.   Oleh  karena  itu  `bahasa  mitos   memperlihatkan  ciri   yang   lain.  Mitos    dimata    Levi-strauss   adalah   gejala   kebahasaan   yang   berbeda   dengan  gejala  kebahasaan  yang   dipelajari  oleh   ahli   linguistik.
       Mitos    sebagai   suatu   bahasa   memiliki   tatabahasa  sendiri    dan   Levi-straus  berupaya    mengungkapkan  tatabahasa  ini   dengan  menganalisi  unsur   terkecil   dari   mitos,   yaitu   mytheme    Mytheme   menurut    Levi-struss   adalah   unsur-unsur   dalam   konstruksi   wacana    kritis  (mythical  discourse),   yang   merupakan   satuan   yang  bersifat    kosokbali   (oppositional),  relatif,  dan  negatif..   Mengikuti    pandangan   Jakobson    tentang   fonem,   mytheme    dikatakan    oleh    Levi-strauss   sebagai   purely   differential  and  contentless   sign  (1985;145).   Oleh   karena   itu    dalam   menganalisis   mitos    atau   cerita,   makna    dari   kata    yang   ada   dalam   cerita   harus   dipisahlkan   dengan    makna   miteme,    yang    juga    berupa    kalimat     atau   rangkaian   kata-kata   dalam    cerita    tersebut.   Menurut   Levi-strauss,  suatu  cerita    tidak  memberikan    makna  yang   pasti   dan   mapan    pada    pendengarnya,    tapi    hanya    memberikan   grid (kisi).    Kisi   ini    dapat   ditentukan    dengan   melihat    aturan   yang   mendaari    konstruksinya.

Bab  4
Levi-Straus  dan  Analisis  Stuktural

     Pada bab ini menjelaskan ;  Sebenarnya  Levi-Strauss bukan orang pertama yang menganalisa mitos secara struktural. Beberapa ilmuwan pendahulunya telah merintis jalan tersebut sebelumnya.  Menurut Levi-Strauss   ada tiga orang yang dianggapnya sebagai tokoh strukturalisme  di Prancis, yakni Benveniste, Dumezil dan dirinya sendiri. Pengunaan analisis strukturalnya terhadap fenomena kekerabatan dan perkawinan,  mitos, totemisme, dan topeng merupakan bukti   bahwa Levi-Strauss adalah tokoh yang paling maju, paling konsisten, serta paling yakin dengan paradigma strukturalnya.
    Levi-Strauss  mengawali  penjelajahan  strukturalnya atas mitos-mitos dengan menganalisis  kisah  tentang  Oedipus. Dalam menganalisis kisah Oedipus, Levi-Staruss beranggapan bahwa mitos dapat dipenggal menjadi segmen-segmen atau peristiwa-peristiwa, dan setiap orang yang mengetahui mitos tersebut sependapat mengenai segmen atau pertistiwa ini. Setiap segmen harus memperlihatkan relasi antar individu yang merupakan tokoh-tokoh dalam peristiwa tersebut, atau menunjuk pada status-status dari individu-individu di. Segmen inilah yang disebut mytheme. Jadi sewaktu menganalisis perhatian harus diarahkan pada mitem, pada relasi-relasi dan status-status tersebut, sementara tokoh-tokohnya bisa  mengalami pergantian. Dari relasi antara miteme itulah terlihat adanya jalinan mitos-mitos yang dianalisa yang di analisa oleh levi-strauss. 
    Levi-strauss mengatakan bahwa mitos pada dasarnya berhadapan dengan sebuah masalah.untuk memecahkan masalah ini nalar mitis kemudian menyandingkan dengan msalah-masalah yang lain sekaligus, dan kemudian menunjukan bahwa masalah-masalah tersebut analogous  atau mirip satu sama lain.
   Pada bagian akhir bab ini jdijelaskan mengenai kritik dan komentar  terhadap strukturalisme  Levi-Strauss.   Kritik   terhadap   Levi-Strauss  dikelompokkan  menjadi  tiga   yaitu   kritik  terhadap    perangkat   dan  metode  analisis,   kritik   terhadap   data  etnografi  dan  interpretasinya,   kritik   terhadap   analisis  atau   kesimpulan
      Kritik  mengenai  perangkat  dan  metode  analisis  tersebut  adalah   mengenai    cara  menggunakan    konsep-konsep   analitis,   konsistensi  atau    keajegan    dalam   prosedur   analis,   reduksi   yang    terjadi    dalam   konsep   analisis.    Kritik    mengenai    cara    Levi-strauss    menggunakan    konsep-konsep   analisisnya   antara   lain    dari    Mary   Douglas,   Menurut   Douglas,   Levi   Strauss   tidak  selalu    menggunakan    konsep   analitis   yang    baik    dan   tepat,   misalnya   istilah    perbedaan   disamakan    dengan   oposisi,     perbedaan    digunakan   untuk   menyatakan  adanya    oposisi,   padahal    tidak    setiap    perbedaan   adalah    oposisi.    Akibat    kesalahan     tersebut   Levi-strauss   serng   membuat    kesimpulan   yang    terlalu   jauh,  yang     tidak    selalu   cocok   dengan    data    etnografi   yang    disodorkan.   Istilah   oposisi    dalam    tulisan    Levi-strauss,   orang    masih   sulit    membedakan    apakah  istilah   ini    merupakan     suatu  heuristic   device (alat  kerja)    untuk     menata   simbol-simbol     yang    ada,    ataukah     memang     merupakan     kategori-kategori    yang     ada dalam    pikiran    masyarakat    yang    telah    melahirkan    mitos    tersebut  (Yalman,1967;78).    Oposisi -oposisi    yang    dikemukakan    oleh     Levi-strauss    dalam     mitos  merupakan    bagian   dari   struktur   yang   ada    dalam    mitos   itu,   but   opposition  can  be   impised    on   any   material   by    the   interpreter,   oposisi    dapt    dikenakan oleh  si  penafsir    atas   material  (obyek)   yang   manapun  (Douglas,1967;61).   Levi-srauss  banyak    melakukan     hal   itu.
     Sebagian    ahli   antropologi  berpendapat    bahwa   Levi-strauss    seringkali    memaksakan    datanya    agar   sesuai    dengan   kerangka  dalam pikirannya.  Dengan    rumusan   lain,   Levi-strauss    dianggap   tidak   membangun   kesimpulan   atas    dasar    data    yang   ada,   atau    menguji   pemikirannya    dengan  data    yang    tersedia,   tetapi    memanfaatkan    data   tersebut   untuk   mendukung   apa yang   sudah   diduga   atau   dirumuskan    telebih   dahulu.   Levi-strauss   dinilai   kurang  konsisten    dalam   analisisnya.    Levi-strauss   pernah   menyatakan    bahwa    untuk  memahami    sebuah   mitos,   peneliti   harus   memperhatikan   strukturnya    daripada  isi  cerita (1963;214).   Dalam   empat   bukunya   mengenai   logika   mitos   telihat   bahwa  Levi-strauss    tidak    hanya    melakukan   telaah    pada    tataran   semantis      atau   isi, dan    dilakukan   dengan   sadar,   sebab    Levi-strauss    pernah   mengatakan   bahwa   dalam   mitos    bentuk   dan   isi    tidak    dapat   sepenuhnya    dipisahkan (Yalman,1967;82).                     



         

Tidak ada komentar